Tidak dapat diragukan lagi bahwa Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan nama julukan JOKOWI merupakan sosok yang saat ini cukup fenomenal di Indonesia. Jokowi adalah mantan Walikota Surakarta ini telah menjadi buah bibir di tengah-tengah masyarakat luas, semenjak dirinya mempopulerkan mobil SMK beberapa saat yang lalu.

Jokowi yang lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961 ini semakin menjadi perbincangan masyarakat ketika secara resmi mencalonkan diri sebagai calon Gubernur untuk DKI Jakarta yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Pembangunan (PDI-P) yang berkolaborasi dengan Partai Gerindra.
Dalam pencalonan Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama yang juga sering dijuluki sebagai Ahok.



Sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi sebenarnya sudah lebih duluan populer dimata masyarakat Solo. Terbukti selama 2 priode terakhir menjabat sebagai Walikota di Surakarta, Jokowi telah mampu melakukan perubahan yang sangat pesat di kota ini. Dibawah kepemimpinan Jokowi, Kota Solo telah menjadi branding dengan slogan Kota, yaitu "Solo: The Spirit of Java".
Baca biografi lengkap beliau DISINI

Baca biografi wakil beliau ( AHOK ) DISINI

Kamis, 20 Desember 2012

Jokowi lantik wali kota Jaktim di kampung kumuh

Jokowi lantik wali kota Jaktim di kampung kumuh
Pelantikan walikota Jaktim. ©2012

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik HR Krisdianto, sebagai wali kota dan Husein Murad sebagai wakil wali kota Jakarta Timur. Uniknya, pelantikan ini sengaja digelar di perkampungan kumuh di kawasan Kampung Pulo Jahe RT 07 RW 05, Cakung, Jakarta Timur.

Ini baru pertama kali terjadi. Seorang pejabat dilantik di tengah-tengah warga.

Pelantikan dan sumpah jabatan dilakukan tepat pukul 08.00 WIB. Jokowi yang mengenakan setelan jas hitam dan dasi berwarna ungu, melantik Krisdianto dan Husein di sebuah panggung terbuka yang sederhana, dan disaksikan ratusan warga setempat.

"Memang tidak seperti biasanya. Kali ini di tengah-tengah masyarakat, Kenapa? karena memang orientasi kita bukan seremonial tapi fungsional," ujar Jokowi usai melantik wali kota Jakarta Timur, Kamis (20/11).

Jokowi mengatakan, pengambilan sumpah jabatan di tengah-tengah warga ini nantinya akan sering dilakukan saat melantik pejabat-pejabat daerah lainnya.

"Suatu saat mungkin saya akan lantik kepala PU di tepi ciliwung. Kenapa tidak? karena masalah Jakarta, ada problem-problem Jakarta ada di sini, bukan mengada-ada," jelasnya.

Ketika ditanya alasan apa yang membuat dirinya melantik di perkampungan dan bukan di kantor wali kota, mantan wali kota Solo ini menjawab sederhana.

"Saya lantik di sini supaya semua pejabat melihat permasalahan Jakarta. Itu saja, pesannya itu saja," ungkap Jokowi.

Sekadar diketahui, Jakarta Timur sebelumnya dipimpin Murdani. Dia pengajuan masa persiapan pensiunan (MPP) sebagai wali kota Jakarta Timur meski masa jabatannya masih tersisa enam bulan.

Saat ini, jabatan wali kota diambil alih oleh HR Krisdianto yang sebelumnya menjabat wakil wali kota Jakarta Timur.

Sumber : merdeka.com