Tidak dapat diragukan lagi bahwa Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan nama julukan JOKOWI merupakan sosok yang saat ini cukup fenomenal di Indonesia. Jokowi adalah mantan Walikota Surakarta ini telah menjadi buah bibir di tengah-tengah masyarakat luas, semenjak dirinya mempopulerkan mobil SMK beberapa saat yang lalu.

Jokowi yang lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961 ini semakin menjadi perbincangan masyarakat ketika secara resmi mencalonkan diri sebagai calon Gubernur untuk DKI Jakarta yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Pembangunan (PDI-P) yang berkolaborasi dengan Partai Gerindra.
Dalam pencalonan Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama yang juga sering dijuluki sebagai Ahok.



Sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi sebenarnya sudah lebih duluan populer dimata masyarakat Solo. Terbukti selama 2 priode terakhir menjabat sebagai Walikota di Surakarta, Jokowi telah mampu melakukan perubahan yang sangat pesat di kota ini. Dibawah kepemimpinan Jokowi, Kota Solo telah menjadi branding dengan slogan Kota, yaitu "Solo: The Spirit of Java".
Baca biografi lengkap beliau DISINI

Baca biografi wakil beliau ( AHOK ) DISINI

Minggu, 06 Januari 2013

Jokowi ingin bikin Ciliwung seperti sungai di Korsel

Jokowi ingin bikin Ciliwung seperti sungai di Korsel
Jokowi kunjungi Kp Melayu. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kedatangan tamu istimewa. Dubes Korea Selatan untuk Indonesia Kim Yeong Seon bertandang ke Balai Kota. Keduanya membahas masalah restorasi Kali Ciliwung dan masalah transportasi.

"Kita sudah bicara, yang pertama tadi mengenai restorasi Kali Ciliwung, tetapi kita ingin beri contoh dulu dr masjid Istiqlal sampai Pasar Baru. Kita mau konsen ke sana dulu. Kalau itu sudah benar, bagus, respons masyarakat baik, kita akan lanjutkan pada sebuah proyek yang lebih besar," kata Jokowi usai pertemuan di Balai Kota, Jakarta, Jumat (4/1).

Kerjasama ini, kata Jokowi sebagai bagian dari upaya konkret kerjasama yang sudah ditandatangani antara pemerintah dan Indonesia dan Korsel. Jokowi memperkirakan pelaksanaan proyek ini sekitar bulan April 2013.

"Ya kalau, yang saya lihat di Korea itu kan sungai tengah kota itu kan diporselen, bersih-bersih semuanya. Saya lihat sendiri. Malam hari sungainya bisa dipakai buat jalan-jalan. Kenapa enggak dicontoh. Kemudian kali yang besar pinggirnya bisa dikasih kayu untuk dibuat joging track. Bagus sekali kenapa enggak? Saya bolak-balik ke sana memang penanganannya bagus," papar Jokowi.

Selain restorasi kali Ciliwung, Jokowi mengungkapkan dia membahas soal transportasi massal.

"Terutama kereta api yang dari jakarta ke depok atau ke tempat yang lain di sekitar jakarta. Saya tadi sampaikan kita enggak usah terlalu banyak bicara tapi segera dilaksanakan karena itu juga menyangkut orang yang banyak," ujar Jokowi.

Sementara Dubes Korsel Kim Yeong Seon menjelaskan, kerjasama ini akan dilakukan antara DKI Jakarta dengan pemerintah Kota Seoul. "Jadi tingkat pemerintah (RI-Korsel), terus DKI Jakarta dan Provinsi Seoul, terus tingkat antara masyarakat ya seperti itu."

"Saya percaya sekali dengan kepemimpinannya Pak Jokowi, saya bisa yakin. DKI Jakarta bisa jadi global city untuk masyarakat dunia. Maka dalam rangka itu kami siap untuk menjadi mitra DKI dan Pak Jokowi dan mendukung terus kegiatannya," tandas Kim.

Sumber: merdeka.com