Tidak dapat diragukan lagi bahwa Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan nama julukan JOKOWI merupakan sosok yang saat ini cukup fenomenal di Indonesia. Jokowi adalah mantan Walikota Surakarta ini telah menjadi buah bibir di tengah-tengah masyarakat luas, semenjak dirinya mempopulerkan mobil SMK beberapa saat yang lalu.

Jokowi yang lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961 ini semakin menjadi perbincangan masyarakat ketika secara resmi mencalonkan diri sebagai calon Gubernur untuk DKI Jakarta yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Pembangunan (PDI-P) yang berkolaborasi dengan Partai Gerindra.
Dalam pencalonan Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama yang juga sering dijuluki sebagai Ahok.



Sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi sebenarnya sudah lebih duluan populer dimata masyarakat Solo. Terbukti selama 2 priode terakhir menjabat sebagai Walikota di Surakarta, Jokowi telah mampu melakukan perubahan yang sangat pesat di kota ini. Dibawah kepemimpinan Jokowi, Kota Solo telah menjadi branding dengan slogan Kota, yaitu "Solo: The Spirit of Java".
Baca biografi lengkap beliau DISINI

Baca biografi wakil beliau ( AHOK ) DISINI

Kamis, 27 Desember 2012

Jadi News Maker, Jokowi: Saya Masuk Gorong-gorong Saja Diberitain


Foto: Sukma Indah Permana

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan sebagai news maker versi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Jokowi pun berseloroh, dirinya tak pernah minta diberitakan.

"Sebetulnya saya ini bukan pembuat berita. Yang bikin berita kan media," kata Jokowi mengawali sambutannya sembari tertawa, sebelum menerima plakat sebagai news maker, di Gedung Prasada Sasana Karya, di Jl Suryopranoto, Jakarta Pusat, Kamis (27/12/2012).

Jokowi lantas mengungkap setiap kegiatannya blusukan ke masyarakat selalu ditemani media. Karena itulah dia sering menjadi konsumsi media.

"Saya beli sepatu baru diberitain, saya habis cukur saja diberitain, yang salah kan media bukan saya. Kayak kemarin saya masuk gorong-gorong aja diberitain," kata Jokowi sembari tersenyum kecil.

"Jadi yang membuat berita itu wartawan sendiri, jadi yang membuat berita adalah jurnalis atau wartawan," kata Jokowi yang mengenakan batik cokelat lengan panjang ini.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), dan pasangan cagub DKI Fauzi Bowo (Foke)-Nachrowi Ramli (Nara) menerima penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Jokowi menerima penghargaan sebagai newsmaker.

"Diberikan penghargaan tokoh newsmaker kepada Joko Widodo, dengan memperhatikan bahwa sejak Jokowi menggulirkan mobil Esemka, keikutsertaannya dalam Pilgub DKI Jakarta dan kemenangannya hingga kegiatannya yang saat ini selalu menjadi konsumsi media massa. Memutuskan dan menetapkan memberikan penghargaan tokoh news maker kepada Joko Widodo," demikian pertimbangan PWI memberikan penghargaan terhadap Jokowi, seperti Surat Keputusan yang dibacakan perwakilan pengurus PWI.

Sumber