Tidak dapat diragukan lagi bahwa Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan nama julukan JOKOWI merupakan sosok yang saat ini cukup fenomenal di Indonesia. Jokowi adalah mantan Walikota Surakarta ini telah menjadi buah bibir di tengah-tengah masyarakat luas, semenjak dirinya mempopulerkan mobil SMK beberapa saat yang lalu.

Jokowi yang lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961 ini semakin menjadi perbincangan masyarakat ketika secara resmi mencalonkan diri sebagai calon Gubernur untuk DKI Jakarta yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Pembangunan (PDI-P) yang berkolaborasi dengan Partai Gerindra.
Dalam pencalonan Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama yang juga sering dijuluki sebagai Ahok.



Sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi sebenarnya sudah lebih duluan populer dimata masyarakat Solo. Terbukti selama 2 priode terakhir menjabat sebagai Walikota di Surakarta, Jokowi telah mampu melakukan perubahan yang sangat pesat di kota ini. Dibawah kepemimpinan Jokowi, Kota Solo telah menjadi branding dengan slogan Kota, yaitu "Solo: The Spirit of Java".
Baca biografi lengkap beliau DISINI

Baca biografi wakil beliau ( AHOK ) DISINI

Kamis, 09 Mei 2013

Wali Kota Se-Belanda Penasaran dengan Jokowi

Wali Kota Se-Belanda Penasaran dengan JokowiGubernur DKI Jakarta Joko Widodo mendapat kunjungan dari Wali Kota se Belanda, Jumat pagi.

Kemasyhuran nama Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta yang suka blusukan sampai juga di Belanda. Saat kunjungan ke Jakarta, 20 wali kota di Belanda pun berkunjung ke Balaikota DKI Jakarta.

Jose Heijmans, Presiden Netherland Leprosy Relief (NLR) yang juga Wali Kota Weert, mengatakan apresiasi positifnya bisa bertemu Gubernur DKI yang kerap blusukan tersebut. Menurutnya, kunjungan mereka ke Balaikota hanya untuk bersilaturahim dengan Gubernur DKI.

Namun, karena kesibukannya, Jokowi tidak bisa menemani lama-lama para wali kota tersebut. Mereka hanya sempat berfoto bersama. Setelah itu, mereka bertemu dengan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

"Biasa, kunjungan persahabatan. Ini kan baik. Saya enggak ikut pertemuan, hanya kebagian foto-foto saja di sini," ujar Jokowi didampingi beberapa wali kota se-Belanda, Jumat (10/5/2013).

Para wali kota tersebut adalah anggota NLR, LSM yang mengurusi penderita lepra di seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. LSM yang memiliki cabang hampir di tiap kota di Indonesia tersebut diketahui telah menjalin kerja sama selama lebih dari 25 tahun dengan Pemerintah Indonesia.

LSM itu mencari donatur melalui pertandingan-pertandingan sepak bola di seluruh dunia. Salah satunya yakni rencana pertandingan futsal dengan pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan digelar pada Jumat malam di lapangan futsal di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan.

Meski demikian, belum bisa dipastikan apakah sang Gubernur akan ikut dalam pertandingan persahabatan tersebut atau tidak. Saat ditanya, Jokowi hanya menjawabnya dengan guyonan. "Bodinya kayak gitu, bodi saya begini, ditabrak gimana? Ditabrak patah, gimana coba," ujarnya berkelakar.

Sumber: kompas.com