Tidak dapat diragukan lagi bahwa Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan nama julukan JOKOWI merupakan sosok yang saat ini cukup fenomenal di Indonesia. Jokowi adalah mantan Walikota Surakarta ini telah menjadi buah bibir di tengah-tengah masyarakat luas, semenjak dirinya mempopulerkan mobil SMK beberapa saat yang lalu.

Jokowi yang lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961 ini semakin menjadi perbincangan masyarakat ketika secara resmi mencalonkan diri sebagai calon Gubernur untuk DKI Jakarta yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Pembangunan (PDI-P) yang berkolaborasi dengan Partai Gerindra.
Dalam pencalonan Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama yang juga sering dijuluki sebagai Ahok.



Sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi sebenarnya sudah lebih duluan populer dimata masyarakat Solo. Terbukti selama 2 priode terakhir menjabat sebagai Walikota di Surakarta, Jokowi telah mampu melakukan perubahan yang sangat pesat di kota ini. Dibawah kepemimpinan Jokowi, Kota Solo telah menjadi branding dengan slogan Kota, yaitu "Solo: The Spirit of Java".
Baca biografi lengkap beliau DISINI

Baca biografi wakil beliau ( AHOK ) DISINI

Jumat, 08 Februari 2013

Jokowi sering disebut mirip dengan 5 orang ini

Jokowi sering disebut mirip dengan 5 orang ini

Sejak terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta, hampir semua orang kenal Joko Widodo alias Jokowi. Baru empat bulan memimpin Ibu Kota, popularitas Jokowi bahkan mulai menyaingi tokoh-tokoh politik nasional.

Bahkan dari survei yang dirilis Pusat Data Bersatu (PDB), elektabilitas Jokowi melonjak naik paling tinggi mengalahkan Megawati dan Prabowo, bahkan jauh di atas Aburizal Bakrie, Jusuf Kalla, dan Mahfud MD.

Sepak terjang Jokowi sudah banyak diulas beberapa media asing yang tertarik dengan gaya kepemimpinannya yang beda dari pemimpin yang ada. Jokowi pun dimiripkan dengan tokoh-tokoh atau bahkan pemain bola. Siapa saja mereka?

1. Jokowi mirip Lionel Messi

Siapa yang tidak kenal pemain bernomor punggung 10 dari klub Barcelona Lionel Messi. Gaya permainan Messi pun diibaratkan dengan gaya blusukan Jokowi.

Jokowi sering disebut mirip dengan 5 orang ini

"Saya melihat gaya blusukan Jokowi itu seperti Messi, turun ke mana-mana," kata pengamat politik Effendy Ghazali saat bedah buku 'Bola Politik, Politik Bola' karya pengamat politik Tjipta Lesmana di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/2).

Gaya blusukan yang dipraktikkan Jokowi dan Messi dinilainya terbukti sukses menghasilkan gol atau hasil. Akibat blusukannya, Jokowi mampu mengalahkan elektabilitas pucuk pimpinan PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Cukup dengan blusukan seperti itu. Katanya Jokowi sudah menyalip Mega dan Prabowo. Padahal Jokowi baru nimang-nimang bola ke kiri dan ke kanan, tapi lewat semuanya. Itu menurut salah satu survei," katanya.

2. Jokowi mirip Obama

Salah satu media besar di Inggris, BBC membuat tulisan panjang soal Jokowi. Saat banjir besar melanda Jakarta 17 Januari lalu, BBC menyoroti kebijakan Jokowi menyelesaikan permasalahan itu. 

Jokowi sering disebut mirip dengan 5 orang ini

"Jelang 100 hari kepemimpinannya, Jokowi menghadapi tes pertama. Air berwarna kecoklatan merendam Jakarta tanggal 17 Januari kemarin. Penyebabnya curah hujan tinggi yang menyebabkan tanggul jebol dan sungai meluap," tulis wartawan BBC Karishma Vaswani dalam artikel berjudul 'Flooding tests 'Jakarta's Obama'.

"Mr Widodo adalah politikus yang bersih. Seorang pemimpin yang mendengarkan keluhan masyarakat. Dia kerap disamakan dengan Presiden AS Barack Obama, bukan karena perawakannya yang sama-sama tinggi dan langsing. tetapi karena empatinya pada masyarakat."

3. Jokowi mirip Ali Sadikin

Ali Sadikin atau Bang Ali selalu menjadi perbandingan bagi siapapun yang menjadi gubernur Jakarta setelahnya. Keberhasilan Bang Ali dengan berbagai gebrakannya selama memimpin Jakarta dari 1966-1977.

Jokowi sering disebut mirip dengan 5 orang ini

Pujian gaya kepemimpinan Jokowi mirip Ali Sadikin ini dilontarkan oleh Andi Mapetahang (AM) Fatwa, politikus senior Partai Amanat Nasional yang kini menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah asal DKI Jakarta.

"Saya percaya karena dia sudah lakukan di Solo, bukan saat kampanye saja masuk gang, saat menjabat tetap masuk gang, itu juga dilakukan Ali Sadikin," kata AM Fatwa mengomentari gaya blusukan Jokowi.

Menurut Fatwa, memang teori penyelesaian masalah dengan mengedepankan pendekatan masyarakat, memang selalu efektif. Terlebih masalah SARA. Ketika Jokowi menjabat sebagai wali kota Solo, dia bersama beberapa tim ahli tidak segan berjalan di gang-gang sempit hanya untuk mendengarkan keluhan warganya.

"Nah pendampingnya itu nanti yang nulis, kemudian meneliti, karena mereka yang ahli kan," kata Fatwa.

4. Jokowi mirip Gus Dur

Perbandingan kemiripan Jokowi dengan Gus Dur ini diucapkan oleh Lily Chadijah Wahid yang merupakan adik Gus Dur Sendiri.

Jokowi sering disebut mirip dengan 5 orang ini

Apa yang membuat anggota DPR dari Fraksi PKB itu menyamakan Jokowi dengan Gus Dur? "Keistimewaan Gus Dur itu dia selalu berjalan mendatangi langsung rakyat, dari satu desa ke desa lain. Itu sudah menjadi bagian dari kehidupannya. Ada kesamaan antara Jokowi dan Gus Dur dalam hal itu, mereka mendengar dan menampung aspirasi, keluh kesah dan harapan rakyat," ujar Lily dalam acara 1.000 Hari Gus Dur dan Hari Perdamaian Sedunia, Jumat (21/9/2012).

"Kesederhanaan yang menjadi ciri khas Gus Dur turut melekat dalam diri Jokowi," imbuh Lily.

5. Jokowi mirip Jusuf Kalla

Pujian soal kemiripan Jokowi dengan Jusuf Kalla atau JK disampaikan oleh Wagub Basuki Tjahaja Purnama. Dalam pandangan Ahok, sedikitnya ada dua kemiripan antara bosnya itu dengan JK.

Jokowi sering disebut mirip dengan 5 orang ini

"Pak Jokowi itu sesuai dengan gaya Pak JK, eksekusi, eksekusi. Apa yang direncanakan langsung dieksekusi," kata Ahok.

Kemiripan yang kedua adalah, gaya pendekatan mereka sebagai pemimpin. "Pak Jokowi seperti Pak JK, selalu turun langsung ke bawah," tukas Ahok.

Sumber: merdeka.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar