Tidak dapat diragukan lagi bahwa Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan nama julukan JOKOWI merupakan sosok yang saat ini cukup fenomenal di Indonesia. Jokowi adalah mantan Walikota Surakarta ini telah menjadi buah bibir di tengah-tengah masyarakat luas, semenjak dirinya mempopulerkan mobil SMK beberapa saat yang lalu.

Jokowi yang lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961 ini semakin menjadi perbincangan masyarakat ketika secara resmi mencalonkan diri sebagai calon Gubernur untuk DKI Jakarta yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Pembangunan (PDI-P) yang berkolaborasi dengan Partai Gerindra.
Dalam pencalonan Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama yang juga sering dijuluki sebagai Ahok.



Sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi sebenarnya sudah lebih duluan populer dimata masyarakat Solo. Terbukti selama 2 priode terakhir menjabat sebagai Walikota di Surakarta, Jokowi telah mampu melakukan perubahan yang sangat pesat di kota ini. Dibawah kepemimpinan Jokowi, Kota Solo telah menjadi branding dengan slogan Kota, yaitu "Solo: The Spirit of Java".
Baca biografi lengkap beliau DISINI

Baca biografi wakil beliau ( AHOK ) DISINI

Kamis, 27 Juni 2013

Di Luar Jawa, Jokowi Pun Lebih "Kondang" daripada Prabowo dan Ical

Gubernur DKI, Joko Widodo alias Jokowi.

Direktur IRC Agus Sudibyo mengatakan, sebanyak 28,4 persen responden pemilih Joko Widodo berasal dari luar Pulau Jawa. Sementara itu, dari Pulau Jawa, hanya sekitar 22,8 persen. Dari survei ini, Joko Widodo merupakan satu-satunya figur yang paling tinggi suara pemilihnya dari luar Pulau Jawa. 

"Pemilih Prabowo Subianto dari luar Pulau Jawa hanya 13,8 persen dan Aburizal Bakrie 6,7 persen," kata Agus dalam paparan hasil survei nasional IRC tentang elektabilitas partai politik dan kandidat presiden di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Kamis (27/6/2013).

Selain tokoh-tokoh tersebut, masih ada beberapa tokoh yang masuk dalam survei IRC untuk mengetahui elektabilitas calon presiden berdasarkan pembagian wilayah. Sebanyak 6,3 persen responden dari luar Pulau Jawa akan memilih Megawati Soekarnoputri, 2,9 persen memilih Mahfud MD, 2,6 persen memilih Dahlan Iskan, dan 4,7 persen memilih Wiranto. Adapun 2,1 persen responden masing-masing memilih Rhoma Irama dan Hari Tanoesoedibjo dan 1,2 persen pemilih dari luar Pulau Jawa akan memilih Ani Yudhoyono.

Survei IRC menggunakan metode penarikan sampel dan dilakukan melalui wawancara tatap muka pada Mei 2013. Sebanyak 1.800 responden usia 17-40 tahun terlibat dalam survei ini dengan margin of error 2,3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Pewawancara berstatus minimal SMA/mahasiswa dan mendapat pelatihan. Semua populasi pemilih di Indonesia memiliki peluang sama sebagai responden, tetapi di survei ini para responden didominasi usia 23-40 tahun.

Sumber: kompas.com