Tidak dapat diragukan lagi bahwa Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan nama julukan JOKOWI merupakan sosok yang saat ini cukup fenomenal di Indonesia. Jokowi adalah mantan Walikota Surakarta ini telah menjadi buah bibir di tengah-tengah masyarakat luas, semenjak dirinya mempopulerkan mobil SMK beberapa saat yang lalu.

Jokowi yang lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961 ini semakin menjadi perbincangan masyarakat ketika secara resmi mencalonkan diri sebagai calon Gubernur untuk DKI Jakarta yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Pembangunan (PDI-P) yang berkolaborasi dengan Partai Gerindra.
Dalam pencalonan Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama yang juga sering dijuluki sebagai Ahok.



Sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi sebenarnya sudah lebih duluan populer dimata masyarakat Solo. Terbukti selama 2 priode terakhir menjabat sebagai Walikota di Surakarta, Jokowi telah mampu melakukan perubahan yang sangat pesat di kota ini. Dibawah kepemimpinan Jokowi, Kota Solo telah menjadi branding dengan slogan Kota, yaitu "Solo: The Spirit of Java".
Baca biografi lengkap beliau DISINI

Baca biografi wakil beliau ( AHOK ) DISINI

Jumat, 14 Desember 2012

Diunggulkan Jadi Capres, Jokowi Pilih Fokus Urusi Jakarta

Diunggulkan Jadi Capres, Jokowi Pilih Fokus Urusi Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengunjungi pengungsi korban kebakaran yang terjadi di RT 01, RT 02, dan RT 03 di RW 03 di jalan Kapuk Utara II, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Rabu (12/12/2012).

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tak berkomentar banyak soal wacana pencalonannya sebagai presiden pada Pemilihan Umum 2014. Jokowi menegaskan bahwa saat ini ia ingin menjalankan tugasnya sebagai gubernur.
Ah, saya mau ngurus banjir, saya mau ngurus macet, saya mau ngurus kampung kumuh, saya enggak mau berpikiran sedikit pun pada masalah itu.
-- Joko Widodo

Dalam beberapa survei calon presiden yang diadakan oleh beberapa lembaga survei, mantan Wali Kota Solo tersebut terpilih sebagai salah satu capres paling ideal dan terpopuler. Dengan karakter sederhana plus sifat jujur dan terbuka yang ia miliki, Jokowi kerap mendapat sambutan positif oleh warga. Mantan tukang kayu tersebut kerap disebut-sebut bakal menjadi calon kuat dalam pemilihan presiden mendatang.

Meski demikian, Jokowi sama sekali tak mau menanggapi hasil survei itu. "Ah, saya mau ngurus banjir, saya mau ngurus macet, saya mau ngurus kampung kumuh, saya enggak mau berpikiran sedikit pun pada masalah itu," kata Jokowi di kantor BPK DKI, Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Jokowi mengatakan, ia hanya ingin berkonsentrasi menjalankan tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta yang belum genap dua bulan diembannya. Menurut Jokowi, tugas sebagai orang nomor satu di Jakarta sudah cukup berat, apalagi harus mengurus masyarakat satu negara.

Ia mengatakan akan memikirkan cara mengurus dan menata masyarakat Jakarta agar lebih baik dan ingin menjalankan tugas sesuai program yang telah dijanjikan. "Saya mau konsentrasi bekerja untuk DKI," kata Jokowi.

Salah satu survei yang menyebutkan Jokowi sebagai capres terpopuler dilakukan oleh Aliansi Pemuda Indonesia untuk Perubahan (API Perubahan). Mereka mengeluarkan hasil jajak pendapat terkait nama-nama tokoh nasional atau pejabat negara yang layak menjadi capres versi pandangan anak muda. Dalam jajak pendapat itu, nama Jokowi menempati urutan tertinggi. Jokowi memenuhi sejumlah kriteria layak menjadi capres 2014. Kriterianya ialah kepemimpinannya diyakini memiliki ketegasan dan mampu dekat dengan rakyat dengan cara turun langsung ke lapangan.

Sumber: Kompas.com