Tidak dapat diragukan lagi bahwa Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan nama julukan JOKOWI merupakan sosok yang saat ini cukup fenomenal di Indonesia. Jokowi adalah mantan Walikota Surakarta ini telah menjadi buah bibir di tengah-tengah masyarakat luas, semenjak dirinya mempopulerkan mobil SMK beberapa saat yang lalu.

Jokowi yang lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961 ini semakin menjadi perbincangan masyarakat ketika secara resmi mencalonkan diri sebagai calon Gubernur untuk DKI Jakarta yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Pembangunan (PDI-P) yang berkolaborasi dengan Partai Gerindra.
Dalam pencalonan Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama yang juga sering dijuluki sebagai Ahok.



Sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi sebenarnya sudah lebih duluan populer dimata masyarakat Solo. Terbukti selama 2 priode terakhir menjabat sebagai Walikota di Surakarta, Jokowi telah mampu melakukan perubahan yang sangat pesat di kota ini. Dibawah kepemimpinan Jokowi, Kota Solo telah menjadi branding dengan slogan Kota, yaitu "Solo: The Spirit of Java".
Baca biografi lengkap beliau DISINI

Baca biografi wakil beliau ( AHOK ) DISINI

Rabu, 17 Juli 2013

Anak Kecil Sebut Jokowi "Sukowi", Acara Zakat Jadi "Ger-geran"

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menghadiri acara penyaluran zakat oleh Bazis di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2013).

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menghadiri acara pembagian zakat dalam rangka peduli pada bulan Ramadhan di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2013). Acara tersebut diwarnai kejadian lucu yang membuat ratusan pengunjung yang hadir tertawa terbahak-bahak.

Kejadian itu bermula ketika Jokowi hendak memberikan sambutan dalam acara yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (Bazis). Alih-alih memberikan sambutan, Jokowi justru mengadakan kuis bagi seluruh orang yang hadir di acara tersebut.

"Siang ini, saya tidak ingin beri sambutan, tapi saya ingin memberi hadiah, yang bisa menjawab pertanyaan saya, besok siang ditukar sepeda di Balaikota," ujar Jokowi di awal sambutannya.

Kuis yang dipandu komedian Cak Lontong dan Ustazah Lulu itu semula berjalan tertib. Tujuh orang yang terdiri dari anak-anak, ibu-ibu, serta siswa SMA tampak bergantian naik ke atas panggung. Seluruhnya berhasil menjawab pertanyaan dari Jokowi.

Jokowi kemudian membuka sesi kuis kedua. Ia meminta agar kuis tersebut diikuti oleh anak-anak saja. Tanpa diduga, belasan anak-anak pun berlarian ke atas panggung acara. Orang se-Istora pun tertawa terbahak-bahak melihat situasi itu.

"Loh, loh, saya kan sudah bilang, Pak. Ini jadi banyak loh, tolong pertimbangkan lagi," ujar Cak Lontong kepada Jokowi yang hanya tertawa.

Begitu antusiasnya, ada dua anak kecil yang masih mengenakan seragam SD tiba-tiba berlari ke atas panggung meski sesi telah ditutup. Situasi tersebut membuat suasana di Istora Senayan layaknya pertunjukan komedi.

Setelah memberikan pertanyaan ke beberapa anak kecil, Jokowi kemudian menunjuk satu anak yang paling kecil umurnya untuk menjawab pertanyaannya. Jokowi sempat kebingungan apa pertanyaan yang tepat untuk anak kecil itu.

"Gini saja deh, siapa nama saya," tanya Jokowi. Setelah sempat berpikir beberapa waktu, spontan anak tersebut menyebut, "Sukowi".

Untuk kesekian kalinya, ratusan orang di dalam Istora Senayan tersebut tertawa terbahak-bahak, termasuk Jokowi sendiri. Tak ada sepatah kata pun yang keluar dari mulut Jokowi.

Hingga pukul 11.50 WIB, acara tersebut masih berlangsung. Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat satuan kerja perangkat daerah. Dalam acara tersebut, juga diumumkan besaran zakat tahun 2012 yang akan disalurkan pada tahun ini sebesar Rp 81.453.310.876. Jumlah ini naik sekitar 20,46 persen dibanding tahun lalu.

Sumber: kompas.com