Tidak dapat diragukan lagi bahwa Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan nama julukan JOKOWI merupakan sosok yang saat ini cukup fenomenal di Indonesia. Jokowi adalah mantan Walikota Surakarta ini telah menjadi buah bibir di tengah-tengah masyarakat luas, semenjak dirinya mempopulerkan mobil SMK beberapa saat yang lalu.

Jokowi yang lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961 ini semakin menjadi perbincangan masyarakat ketika secara resmi mencalonkan diri sebagai calon Gubernur untuk DKI Jakarta yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Pembangunan (PDI-P) yang berkolaborasi dengan Partai Gerindra.
Dalam pencalonan Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama yang juga sering dijuluki sebagai Ahok.



Sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi sebenarnya sudah lebih duluan populer dimata masyarakat Solo. Terbukti selama 2 priode terakhir menjabat sebagai Walikota di Surakarta, Jokowi telah mampu melakukan perubahan yang sangat pesat di kota ini. Dibawah kepemimpinan Jokowi, Kota Solo telah menjadi branding dengan slogan Kota, yaitu "Solo: The Spirit of Java".
Baca biografi lengkap beliau DISINI

Baca biografi wakil beliau ( AHOK ) DISINI

Senin, 19 Mei 2014

Jokowi: Cawapres Saya Jusuf Kalla


Joko Widodo bersalaman dengan Jusuf Kalla seusai deklarasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di Gedung Joeang 45, Jakarta, 19 Mei 2014. PDIP bersama Partai Nasdem, PKB, dan Partai Hanura sepakat mengusung Joko Widodo dan Jusuf Kalla untuk maju sebagai pasangan capres dan cawapres.

Bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Joko Widodo, menyatakan bahwa Jusuf Kalla adalah bakal calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam Pemilu Presiden 2014. Pengumuman bakal cawapres Jokowi sekaligus deklarasi berlangsung di Gedung Joang, Jakarta Pusat, Senin (19/5/2014).

"Setelah melalui pertemuan dan konsultasi dengan partai pendukung, PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Hanura, serta pertimbangan dari Ibu Megawati Soekarkoputri, tadi malam telah kami putuskan, calon wakil presiden yang akan mendampingi saya adalah Bapak Drs Haji Mohammad Jusuf Kalla," kata Jokowi di Gedung Joang, Jakarta Pusat. 

Pasangan Jokowi-Jusuf Kalla diusung poros koalisi PDI Perjuangan bersama tiga partai lainnya, yaitu Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Hanura. Menurut rencana, setelah deklarasi, pasangan ini akan menuju ke kediaman Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat. Selanjutnya, mereka akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum.

Sumber: kompas.com